Gunakan waktu dengan bijak

Saat level grinding, kita pasti cari dungeon dengan rasio exp per jam tertinggi. Saat mengumpulkan zenny, kita mencari musuh dengan drop rare item termahal. Tidak pernah terpikir untuk menghabiskan waktu main MMORPG dengan nongkrongin chatroom (apalagi kalau game subscription seperti Ragnarok Online jaman dulu). Tapi kenapa kita masih melakukan hal-hal tidak penting yang tidak ada manfaatnya untuk diri kita dan masa depan kita? Nonton video random di Youtube, ngomongin selebritis/politikus, buka Twitter 5 menit sekali berharap ada hal yang ‘menarik’, atau apapun hal tidak membantu kamu mencapai mimpi dan cita-cita kamu di masa depan.

Banyak orang yang saat diinterview bilang: “saya ingin menjadi game programmer dan bikin game seperti Final Fantasy”. Tapi giliran ditanya, berapa jam dia coding game tiap hari: “sekarang sih masih jarang, soalnya sibuk kuliah dll dsb dst”. Kamu akan ketinggalan banyak kalau baru belajar skill yang dibutuhkan di profesi setelah lulus kuliah. Atlit kelas dunia semua mulai berlatih sejak kecil, nggak ada yang nunggu lulus kuliah dulu baru mulai berlatih.

Stop wasting your time, start building your craft.

Analogi lain dari card game seperti MtG atau Hearthstone, deck kita terbatas, kita hanya bisa beberapa kartu penting yang akan menghasilkan impact besar untuk permainan. Kita hanya punya 24 slot di deck kita, pastikan kita bawa kartu-kartu yang bisa membuat kita menang dalam hidup.

Biasanya dari 24 slot itu, 8 untuk kartu ‘kerja’, 8 kartu ‘tidur’, 2 kartu ‘makan’. Sisa 6 slot mau kamu isi dengan apa? Kartu ‘keluarga’, ‘kesehatan’, ‘masa depan’, atau kartu nggak penting seperti ‘gosip’ atau ‘sinetron’? Apapun pilihan kamu, pastikan itu sesuai dengan prioritas kamu dalam hidup, dan cita-cita kamu di masa depan.

Jadi kartu apa yang mau kamu buang dan kartu apa yang mau kamu masukkan ke deck kamu?

This is my old post from March 23rd 2017