Habits of Effective Artist - Andrew Price/Blender Guru

Original talk: https://www.youtube.com/watch?v=vM39qhXle4g

Presentasi Andrew Price/Blender Guru di Blender Conference 2016. Walau judul dan study casenya di bidang art, saya rasa tetap berguna untuk kita yang bekerja di bidang kreatif seperti writing, coding, etc.

  1. Daily Work

    Lebih baik rutin walau sebentar/sedikit, dibanding jarang tapi tiba-tiba banyak. Note: ini juga berlaku di aspek fitness, ada istilah [‘Grease the groove’ by Pavel Tatsouline](https://www.youtube.com/watch?v=Eauf9VNIdRI). Singkatnya semakin sering berlatih, neuron di otak kita akan membuat ‘jalan tol’ yang akan membuat suatu proses/kegiatan jadi lebih efektif.

  2. Volume, not perfection

    For every good art, there will be a lot of bad ones on the way. Andrew sempat mention Ira Glass dari The American Life, salah satu cerita dari Ira Glass yang paling saya ingat adalah tentang [ekspektasi vs realita saat mulai berkarya](https://www.youtube.com/watch?v=GHrmKL2XKcE):

    Kita mulai berkarya karena kita kita suka dan punya selera tinggi terhadap sesuatu, tapi saat kita memulai berkarya, justru selera kita itu yang akan membuat kita kecewa atas hasil karya kita sendiri, padahal karya di awal-awal pasti jelek alias tidak bisa mencapai selera kita yang sudah tinggi. Dan ini bisa membuat kita berhenti berkarya. Hal ini normal, kita justru harus bisa melalui fase itu.

  3. Steal

    Steal from other, but don’t steal from one person (it’s called plagiarism), steal from a lot of people (it’s called inspiration)

  4. Conscious learning

    Practice makes perfect, actually, practice makes permanent. Jika kita latihan asal-asalan, proses belajarnya tidak akan efektif. Malah, bisa jadi membuat kebiasaan yang salah. Start slowly and correctly.

  5. Rest

    Pastikan ada jeda jika kita merasa mentok, setelah beberapa hari kita bisa melihat karya kita seperti sebuah karya baru dan bisa menghasilkan insight baru.

  6. Get Feedback

    Feedback adalah titik awal untuk kita melakukan iterasi untuk karya kita. Quote dari Alex Alvarez, Gnomon School:

    What separates the superstars from the average: they seek criticism, and actually listen to it.

  7. Create what you love

    Jika kita membuat hal yang kita sukai, akan ada semangat tambahan untuk membantu kita melewati berbagai tantangan.