Jangan salah bikin karakter

Hidup ini seperti game, kita membangun seorang karakter untuk menjalani berbagai petualangan dalam hidup. Kalau salah bikin karakter, hunting untuk naikin level bakal susah dan nggak ada party/guild yang mau nerima. Ngaku Knight tapi naikin AGI? Jadi Mage tapi Firewall level 3? Nggak perlu repot-repot hunt Argiope atau Alarm.

Dalam kehidupan nyata, kita juga perlu melakukan character building. Profesi yang ingin kamu jalani adalah ‘Class’, passive skill itu Softskill, active skill itu hardskill, dan atribut bonus lain didapat dari attitude, personality, dll. Mau jadi programmer game 3D tapi ga mau belajar Matematika dan Fisika? Mau jadi ilustrator game terkenal tapi latihan gambar cuma kalau ada waktu luang? Good luck finding a job in the game industry.

Tips untuk membuat karakter:

  1. Tentukan class/profesi yang ingin kamu bangun. Cari info sebanyak-banyaknya tentang profesi tersebut. (buku, internet, senior)
  2. Pastikan pilih profesi yang akan memanfaatkan kekuatan kamu (that thing that you are good at, you like to do it, and brings value to others). Kalau senang problem solving, matematika, dan logika, ada baiknya kamu jadi programmer.
  3. Cari tahu skillset yang perlu kamu kuasai untuk mendukung profesi tersebut. (misalnya mau jadi character designer, kamu perlu bisa menggambar anatomi manusia dalam berbagai pose)
  4. Pastikan semua usaha kamu bisa membuat kamu selangkah lebih dekat ke target profesi tersebut. (sekolah/jurusan yang dipilih, latihan rutin, dll)
  5. Sering-sering uji kemampuan kamu dengan melakukan hunt bareng (project-project kecil) dengan profesi lain yang melengkapi profesi kamu. (contohnya bikin game sampai selesai)

Pertanyaan hari ini: What is your end-game character build look like? And what do you need to do to achieve it?

This is my old post from March 22nd 2017