📚 Dwiperdana's Journal

Search

Search IconIcon to open search

Bagaimana Agate menangani anggota tim dengan jumlah besar?

Last updated Dec 16, 2020 Edit Source

Walau saat ini jumlah tim di Agate cukup besar, tidak ada satu orang yang menangani anggota tim dalam jumlah besar. Satu orang di Agate maksimal hanya menangani sekitar 5 orang secara langsung, tapi karena tim manajemen di Agate sudah ada beberapa lapis, semua crew bertanggung jawab terhadap seorang lead.

# Evolusi struktur tim

Saat tim Agate masih kecil, berbagai aspek manajemen cukup terpusat di beberapa founder yang diberi tanggung jawab peran manajemen (sementara sisanya bertanggung jawab di aspek teknis pembuatan game). Tapi seiring dengan pertumbuhan jumlah crew di Agate, jumlah orang dengan peran manajerial harus ditambah. Posisi paling penting adalah Game Producer, karena jumlah project game yang dijalankan di Agate (biasa kami sebut Quest) pada setiap saat biasanya lebih dari 5.

Semakin banyak quest yang dikerjakan secara paralel berarti semakin banyak pula support task yang perlu dijalankan, maka peran-peran support staff seperti HR dan Finance muncul.

Dua referensi utama yang dulu kami gunakan di Agate adalah:

  1. Game Development and Production
  2. Team Leadership in Game Industry

# Kunci untuk membentuk lapisan manajemen berikutnya

Tidak mudah untuk menemukan orang yang bisa menangani tanggung jawab manajemen saat sebagian besar orang bergabung dengan perusahaan kamu karena ingin membuat game. Karena itu, kami memiliki lebih banyak cerita sukses dalam mengangkat crew manajemen dari internal dibanding hire orang baru (kecuali bidang-bidang support yang tidak membuat game secara langsung). Beberapa hal yang penting untuk dipikirkan untuk kamu yang ingin membangun tim manajemen dari crew internal:

  1. Beranikan diri untuk mendelegasi pekerjaan ke orang lain, dan siaplah untuk bertanggung jawab dengan apapun hasilnya. Kadang kita tidak mau mendelegasi pekerjaan karena crew yang bersangkutan masih baru, belum bisa, tidak bisa mengerjakan sebaik kita, dan lain-lain. Pemikiran itu ada namanya: EGO. Semua orang pasti belajar dulu, nggak langsung jago. Kalau kamu tidak mau memberi crew lain kesempatan belajar dan membuktikan diri, kamu nggak akan bisa lepas dari berbagai pekerjaan (yang sebenarnya bisa kamu delegasikan ke orang lain.
  2. Buatlah sebuah sistem agar perusahaan bisa berjalan tanpa kamu. Ini adalah END GOAL dari manajemen. Dengan cara ini pula kamu bisa menempatkan orang lain untuk menjalankan fungsi kamu saat ini, dan bisa berpindah ke hal lain yang jauh lebih penting untuk mengembangkan perusahaan kamu ke skala yang lebih besar.
  3. Tempatkan orang yang tepat, di posisi yang tepat. Setiap orang punya karakteristik yang bisa menunjukkan kecocokan dengan suatu peran/pekerjaan, salah satunya dengan berbagai psikotes. Dua yang paling sering saya gunakan: MBTI dan SCID. Anggaplah dua hal tersebut adalah character build guide dalam game RPG. :D

Pekerjaan rumah kali ini adalah:

Anggaplah besok kamu dipindah ke peran yang berbeda (misalnya promosi atau pindah ke divisi berbeda), siapa orang yang bisa kamu minta menggantikan peran kamu sebelumnya?

This is my old post from March 20th 2017